Tugas Metodologi Penelitian
KAMUS MINI
(ISTILAH-ISTILAH DALAM PTK)
Oleh:
FITRIANI HAMID
NIM. 208120042
KLS. VI.A
Dosen Pembina:
Drs. Mas’ud Badolo, M.Pd
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE
(UMPAR)
2011
A
Abstrak
Abstrak adalah nisbi/maya/tak berujud.
Angket atau Kuesioner
Angket atau Kuesioner adalah teknik pengumpulan data secara tidak langsung (peneliti tidak langsung bertanya jawab dengan responden).
Approximate (menaksir)
Hasil dari menaksir mendekati jawaban sebenarnya, tetapi tidak selalu persis sama.
D
Data
Data merupakan kumpulan bilangan atau kata yang diperoleh dari hasil menghitung, mengukur, atau mencatat sebagai bagian dari sebuah proyek, survei, atau eksperimen.
Data kuantitatif
Data kuantitatif yaitu informasi dalam bentuk numerik/angka. Misalnya hasil tes.
Data kualitatif
Data kualitatif yaitu data yang biasanya dalam bentuk naratif dan bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata serta mengenai kualitas. Misalnya situasi kelas, kerjasama dalam belajar, dan lain-lain.
Dokumen
Dokumen adalah teknik pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen.
E
Efektif
Efektif adalah ketercapaian sasaran sesuai dengan rencanas semula.
Efisien
Efisien adalah pemanfaatan sumber minimal untuk suatu hasil maksimal.
Eksperimen
Eksperimen adalah percobaan yang bersistem dan berencana (untuk membuktikan kebenaran suatu teori).
Empiris
Empiris adalah mengandalkan observasi nyata dan data perilaku.
F
Full participation
Full participation adalah peneliti mengambil bagian secara penuh dalam aktivitas objek penelitiannya
G
Grafik
Grafik adalah suatu diagram yang menunjukkan bagaimana suatu perubahan terjadi.
H
Hasil penelitian
Hasil penelitian adalah sajian lengkap dengan data lengkap dari setiap siklus, sehingga memberikan gambaran yang jelas berupa perbaikan yang diperoleh dari hasil kegiatan observasi, menyangkut berbagai aspek konsentrasi penelitian, yang dibuat dalam bentuk grafik/tabel dengan diberikan berbagai penjelasan dan analisis data.
Hipotesis
Hipotesis adalah perkiraan/jawaban sementara.
I
In depth interviewing
In depth interviewing adalah wawancara yang dilakukan secara mendalam untuk memperoleh keterangan yang lebih luas.
Instrumen penelitian
Instrumen penelitian adalah alat dan bahan yang digunakan dalam pengumpulan data.
K
Kelas
Kelas adalah sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru.
Klasifikasi
Klasifikasi adalah pengelompokan menurut jenis atau golongannya.
Konseptualisasi
Konseptualisasi adalah proses pengembangan dan mensaripatikan gagasan abstrak, gagasan tidak konkret kedalam unsur-unsur yang manifestdalam bentuk perilaku dan ciri-ciri.
Konstruk adalah suatu abstraksi atau representasi yang disimpulkan dari situasi, kejadian, atau perilaku.
L
Lampiran
Lampiran berisi hal-hal atau keterangan-keterangan yang dipandang penting untuk proposal skripsi, misalnya instrumen penelitian.
Latar Belakang
Latar belakang adalah dasar atau titik tolak untuk memberikan pemahaman kepada pembaca atau pendengar mengenai apa yang ingin kita sampaikan.
M
Manfaat
Manfaat adalah guna, faedah, laba, untung yang diperoleh dari mempraktikkan atau hasil kerja dari penerapan sesuatu.
Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian adalah kontribusi yang bisa diperoleh dari penelitian tersebut, baik secara teoritis, maupun praktis.
Mean (rata-rata)
Mean (rata-rata) adalah bilangan yang menunjukkan “pusat” penyebaran data (bilangan).
Median (nilai tengah)
Median (nilai tengah) adalah nilai tengah dari sebuah himpunan bilangan.
Metode dokumenter
Metode dokumenter adalah suatu cara mengumplkan data yang dilakukan dengan cara menganalisa data-data tertulis dalam dokumen-dokumen seperti catatan harian, transkrip, surat kabar, buku dan media cetak lainnya.
Metode kuisiner
Metode kuisiner adalah suatu cara mengumpulkan data dengan mengajukan suatu daftar berisikan serangkaian pertanyaan mengenai sesuatu hal kepada responden untuk kemudian diisi oleh responden tanpa bantuan peneliti.
Metode observasi
Metode observasi adalah suatu cara mengumpulkan data melalui pengamatan indrawi, dengan melakukan pencatatan terhadap gejala-gejala yang terjadi pada objek penelitian secara langsung di tempat penelitian.
Metode wawancara
Metode wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara Tanya jawab secara langsung antara si penanya yang disebut pewawancara dengan si penjawab yang disebut responden atau informan.
Model konseptual
Model konseptual adalah adalah konsep-konsep atau abstraksi yang saling berhubungan yang dirangkai bersama menjadi suatu skema yang secara logis terdapat relevansi terhadap suatu tema yang sama.
Modus
Modus adalah bilangan yang paling banyak muncul dalam sebuah himpunan bilangan.
O
Observasi atau pengamatan
Observasi atau pengamatan adalah penilikan langsung atau pengamatan langsung sesuatu yang hendak diteliti untuk memotret seberapa jauh efek tindakan telah mencapai sasaran. Dalam pengertian psikologik, observasi meliputi kegiatan pemusatan perhatian terhadap suatu objek dengan menggunakan seluruh alat indera.
Observasi terbuka
Observasi terbuka adalah observasi yang dimulai dengan suatu halaman kosong, sehingga pengamat harus berimprovisasi dalam merekam “tonggak-tonggak penting” dalam penggelaran proses pembelajaran dalam rangka implementasi tindakan perbaikan.
Observasi terfokus
Observasi terfokus adalah observasi yang secara cukup spesifik diarahkan kepada suatu aspek tindakan guru atau siswa dalam proses pembelajaran.
Observasi terstruktur
Observasi terstruktur adalah ditandai dengan perekaman data yang relatif sederhana, berhubung dengan telah tersediakannya format yang relatif rinci.
Observasi sistematik
Observasi sistematik adalah pengamatan yang dilakukan oleh seorang peneliti terhadap subjek atau objek penelitian dimana yang diamati itu sesuatu yang bersifat kuantitatif dengan menggunakan skala-skala.
P
Partial participation
Partial participation adalah keterlibatan peneliti dalam hal-hal tertentu dari objek penelitian.
Pembahasan
Pembahasan merupakan rangkuman ahsil penelitian dari seluruh siklus dan semua aspek konsentrasi penelitian dengan membahas tiap aspek yang diketahui adanya peningkatan atau tidak adanya perubahan dengan berbagai alasan yang rasional dan logis serta dapat dikuatkan dengan teori yang relevan.
Peneliti atau investigator
Peneliti atau investigator adalah manusia yang melakukan penelitian.
Penelitian
Penelitian adalah aktivitas mencermati suatu objek tertentu melalui metodologi ilmiah dengan mengumpulkan data-data dan dianalisis untuk menyelesaikan suatu masalah.
Penelitian Deskriptif
Penelitian Deskriptif adalah penelitian yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat, mengenai sifat-sifat populasi atau daerah tertentu.
Penelitian Eksperimen
Penelitian Eksperimen adalah penelitian yang sistematis, logis, dan teliti dalam melakukan kontrol terhadap kondisi.
Penelitian Ex Post Facto
Penelitian Ex Post Facto adalah penelitian yang diarahkan untuk menyelidiki hubungan sebab-akibat berdasarkan pengamatan terhadap akibat yang terjadi dan mencari faktor yang menjadi penyebab melalui data yang telah dikumpulkan.
Penelitian Grounded
Penelitian Grounded adalah penelitian yang tidak bertolak teori, tetapi berangkat dari data-data faktual lapangan. Data-data tersebut kemudian diproses menjadi teori berdasarkan metode berpikir deduktif.
Penelitian Korelasional
Penelitian Korelasional adalah penelitian yang akan melihat hubungan antara variabel atau beberapa variabel dengan variabel lain.
Penelitian Tindakan
Penelitian Tindakan adalah upaya mengujicobakan ide-ide ke dalam praktek untuk memperbaiki atau mengubah sesuatu agar memperoleh dampak nyata dari situasi.
Penelitian tindakan kelas
Penelitian tindakan kelas adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan dan terjadi di dalam kelas.
Perencanaan
Perencanaan adalah mengembangkan rencana tindakan yang secara kritis untuk meningkatkan apa yang telah terjadi.
Populasi
Populasi adalah sekumpulan data yang mempunyai karakteristik yang sama dan menjadi objek inferensi.
R
Refleksi
Refleksi adalah mengingat dan merenungkan suatu tindakan persis seperti yang telah dicatat dalam observasi. Refleksi berusaha memahami proses, masalah, persoalan, dan kendala yang nyata dalam tindakan strategis.
Rencana
Rencana adalah sesuatu yang ingin dikerjakan di kemudian hari.
Reliabilitas
Reliabilitas adalah keadaan dimana suatu pengujian menghasilkan pengukuran yang sama dengan hal yang diukur.
Responden
Responden adalah digunakan untuk menyebut subyek yang memberikan informasi kepada peneliti dengan memberikan jawaban langsung terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peneliti, misalnya menggunakan kuesioner.
Rumusan Masalah
Rumusan Masalah adalah suatu rumusan yang mempertanyakan suatu fenomena, baik dalam kedudukannya sebagai fenomena mandiri, maupun dalam kedudukannya sebagai fenomena yang saling terkait antara fenomena yang satu dengan fenomena lainnya, baik sebagai penyebab maupun sebagai akibat.
S
Sampel
Sampel adalah bagian dari populasi yang ingin diteliti, dipandang sebagai suatu pendugaan terhadap populasi, namun bukan populasi itu sendiri.
Simpanan baku
Simpangan baku adalah ukuran penyebaran yang paling sering digunakan.
Statistika
Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data.
Statistik deskriptif
Statistik deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum.
Statistik inferensial
Statistik inferensial adalah teknik statistik untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi.
Statistik parametris
Statistik parametris adalah statistik yang digunakan untuk menguji parameter populasi menggunakan uji statistik.
Statistik nonparametris
Statistik nonparametris adalah statistik yang digunakan untuk menguji distribusi data.
Subjek
Subjek adalah pokok kalimat; orang yang dipakai untuk percobaan.
Subjek Penelitian atau responden
Subjek Penelitian atau responden adalah sesuatu, baik orang, benda, ataupun lembaga (organisasi) yang sifat keadaannya akan diteliti. Atau pihak-pihak yang dijadikan sebagai sampel dalam sebuah penelitian. Dengan kata lain, subjek penelitian adalah sesuatu yang di dalam dirinya melekat atau terkandung objek penelitian.
Sumber data
Sumber data adalah sesuatu yang memberikan data.
Sumber primer
Sumber primer adalah sumber data yang langsung memberikan data kepada pengumpul data.
Sumber sekunder
Sumber sekunder adalah sumber data yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data, misalnya melalui orang lain atau melalui dokumen.
T
Tabel
Tabel adalah daftar bilangan yang disusun dalam baris dan kolom.
Tabel Frekuensi
Tabel Frekuensi adalah suatu cara untuk mencatat informasi yang menunjukkan keterangan banyak peristiwa yang berbeda pada kurung waktu tertentu.
Teori
Teori merupakan penjelasan yang sistematis dan abstrak terhadap beberapa aspek dari suatu kenyataan dan teori mampu menjelaskannya.
Tes
Tes merupakan sejumlah pertanyaan yang disampaikan kepada seseorang atau sejumlah orang untuk mengungkapkan keadaan atau tingkat perkembangan salah satu atau beberapa aspek psikologis di dalam dirinya.
Tes lisan
Tes lisan adalah sejumlah pertanyaan yang disampaikan secara lisan tentang aspek-aspek psikologis sebagai data atau informasi yang berhubungan dengan masalah PTK yang harus dijawab secara lisan pula.
Tes tertulis
Tes tertulis adalah tes dimana soal yang diberikan kepada peserta didik dalam bentuk tulisan serta jawaban yang diberikan oleh peserta didikpun harus dalam bentuk tulisan.
Tindakan
Tindakan adalah suatu aktivitas yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu yang berbentuk siklus kegiatan dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan suatu masalah dalam proses pembelajaran.
Triangulasi
Triangulasi adalah tiga sudut pandang, yakni sudut pandang guru sebagai peneliti, sudut pandang siswa, dan sudut pandang mitra peneliti yang melakukan pengamatan atau observasi.
Tujuan
Tujuan adalah sesuatu yang ingin dicapai.
Tujuan Penelitian
Tujuan Penelitian adalah sesuatu yang dicapai segera setelah penelitian selesai dikerjakan.
V
Validasi
Validasi adalah derajat keterpercayaan terhadap sesuatu.
Validitas
Validitas adalah patokan sampai sejauh mana suatu pengujian menghasilkan pengukuran yang dikehendaki.
Validitas demokratis
Validitas demokratis adalah sejauh mana penelitian tindakan kelas berlangsung secara kolaboratif dengan para mitra peneliti, dengan perspektif yang beragam dan perhatian terhadap bahan yang dikaji.
Validitas dialog
Validitas dialog merujuk kepada dialog yang dilakukan dengan sebaya mitra peneliti dengan menyusun dan mereview hasil penelitian beserta penafsirannya.
Validitas hasil
Validitas hasil adalah sejauh mana tindakan dilakukan untuk memecahkan masalah dan mendorong dilakukannya penelitian tindakan kelas atau dengan kata lain, seberapa jauh keberhasilan dapat dicapai.
Validitas katalis
Validitas katalis adalah sejauh mana penelitian berupaya mendorong partisipan mereorientasikan, menfokuskan, dan member semangat untuk membuka diri terhadap transformasi visi mereka dalam menghadapi kenyataan kondisi praktik mengajar mereka sehari-hari.
Validitas proses
Validitas proses adalah memeriksa kelalaian proses yang dikembangkan dalam berbagai fase penelitian tindakan.
Variabel
Variabel adalah sesuatu yang bervariasi.
Variabel Independen (variabel bebas)
Variabel Independen (variabel bebas) adalah variabel yang diyakini menyebabkan atau mempengaruhi.
Variabel dependen (variabel terikat)
Variabel dependen (variabel terikat) adalah variabel terikat dihipotesiskan tergantung atau disebabkan oleh variabel lainnya.
Variansi
Variansi adalah pangkat dua dari simpangan baku.
W
Wawancara
Wawancara adalah pertemuan tanya jawab terhadap seseorang yang dianggap dapat memberikan informasi atau penjelasan mengenai hal-hal yang dianggap perlu dan memiliki relevansi dengan permasalahan PTK.
Wawancara terstruktur
Wawancara terstruktur adalah wawancara yang dilakukan apabila pewawancara sudah mempersiapkan bahan wawancara terlebih dahulu.
Wawancara setengah terstruktur
Wawancara setengah terstruktur adalah bentuk wawancara yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu, tetapi memberikan keleluasaan untuk menerangkan agak panjang mungkin tidak langsung ke fokus pertanyaan atau bahasan atau mungkin mengajukan topic bahasan sendiri selama wawancara berlangsung.
Wawancara tidak terstruktur
Wawancara tidak terstruktur adalah bentuk wawancara dimana prakarsa untuk memilih topik bahasan diambil oleh siswa atau orang yang diwawancarai.
No comments:
Post a Comment